Welcome To Rame-rame♪

Rabu, 29 Juni 2011

Tips Agar Terhindar Dari Cartridge Printer Palsu

tags: Kartrid palsu, jenis Cartridge, Cartridge asli, membedakan Cartridge
Peredaran kartrid printer palsu cukup mengkhawatirkan, setelah terbongkarnya pabrik produsen produk tiruan tersebut yang beroperasi di Asia Pasifik. Simak 6 cara praktis agar tak dibohongi penjual yang menjajakan kartrid palsu tersebut.

1. Kualitas Cetakan
Output atau cetakan hasil kartrid palsu juga bisa menjadi bahan penilaian. Warna dari tinta cenderung menghasilkan kualitas cetakan yang rendah. Coba bandingkan dengan hasil cetakan terdahulu kala menggunakan kartrid resmi.

2. Kinerja
Sebuah kartrid tinta palsu biasanya menyebabkan kekacauan di atas kertas selama pencetakan. Kartrid bisa bocor, kotor, hingga menyebabkan bercak yang memerlukan waktu ketika dibersihkan. Jika menemukan kartrid printer Anda beroperasi seperti ini, bisa jadi itu adalah tiruan.

3. Kualitas Cetakan
Output atau cetakan hasil kartrid palsu juga bisa menjadi bahan penilaian. Warna dari tinta cenderung menghasilkan kualitas cetakan yang rendah. Coba bandingkan dengan hasil cetakan terdahulu kala menggunakan kartrid resmi.

4. Toko Resmi
Lebih baik membeli perangkat yang cukup penting bagi printer ini langsung dari dealer resminya. Mudah kok untuk mencarinya, tinggal search saja di internet. Memang membeli perangkat di dealer resmi identik dengan harganya yang lebih mahal. Namun setidaknya, keasliannya terjamin.

5. Teliti Terhadap Kemasan
Lakukan sedikit pengecekan terhadap kemasan kartrid yang ingin dibeli. Produk palsu biasanya akan berusaha untuk mengkopi penampilan si produk asli semirip mungkin. Namun tetap saja, jika diteliti lebih jauh pasti ada elemen yang tidak bisa ditiru hingga sempurna. Carilah kesalahan ini, dan biasanya hal itu bisa ditemukan pada kemasan/atau boks produk tersebut.

6. Harga
Jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah atau gelontoran diskon. Sejatinya, Anda patut curiga jika kartrid yang dikatakan asli itu dibanderol sangat murah. Namun bukan berarti kartrid asli selalu berharga mahal atau tak bisa didiskon. Cermati toko penjualnya, apakah meyakinkan?

Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda. Sebab kartrid palsu yang beredar di pasaran berbentuk sangat mirip dengan produk asli. Jika tidak hati-hati dan tergiur harga yang sangat murah, pengguna bisa terbuai dibuatnya. Namun keberadaan produk tersebut sejatinya merugikan pengguna. Kartrid palsu mengakibatkan kinerja printer menjadi buruk, kapasitas toner lebih sedikit, kualitas cetak rendah dan kebocoran toner. Sehingga berpotensi merusak printer serta dapat membatalkan garansi printer.

http://dedepurnama.blogspot.com 

Bersihkan Komputer Dengan R-Wipe & Clean 9.5

tags: R-Wipe & Clean terbaru, key serial R-Wipe & Clean, komputer bersih, hapus sampah di komputer, pembersihan pc, komputer aman, keamanan privasi
R-Wipe and Clean 9.5 adalah solusi lengkap untuk menghapus atau membersihkan file yang tidak berguna dan menjaga privasi komputer Anda tetap aman. R-Wipe & Clean 9.5 menghapus catatan aktivitas anda secara off-line, seperti temporary internet file, sejarah, cookie, bentuk autocomplete dan password, file swap, baru-baru ini membuka daftar dokumen, MRUs Explorer, file-file sementara, dll, jejak dari lebih dari 200 aplikasi pihak ketiga, dan membebaskan ruang disk anda.

R-Wipe & Clean 9.5 membersihkan semua file untuk memastikan penghapusan total. Mendukung sistem FAT dan NTFS file sistem. Menyeka dan membersihkan terpisah tugas yang dapat dikombinasikan dalam satu atau lebih prosedur menghapus yang diluncurkan segera atau pada waktu yang telah ditentukan.

Fitur tambahan R-Wipe & Clean 9.5:
Detailed representation of all records of on- and off-line activity on your computer.
- The Boss Key: emergency web-browser closing.
- Ultimate Popup blocker.
- Stealth mode.
- Customizable system integration: most wipe and delete operation can be performed directly from Windows.
- Standby/hibernate control: your computer will not hibernate until R-Wipe&Clean finishes its long job.
- Customization: only necessary items can be visible in R-Wipe&Clean.

Klik dibawah ini untuk mendapatkannya...

Download R-Wipe & Clean 9.5 + key

Untuk mempercepat download gunakan IDM yang bisa di download DiSini
sumber : http://dedepurnama.blogspot.com 

Any Video Converter Free dan Pro Untuk Ubah Format Video/Film

tags: ubah format film, mengubah format video, konversi video film, key serial Any Video Converter, ganti format video film, video untuk ponsel hp
Any Video Converter adalah alat mengkonversi All-in-One video yang mudah digunakan, memiliki kecepatan dalam mengubah video dengan kualitas video yang sangat baik. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengkonversi file video dengan berbagai format, GRATIS! Hal ini dapat mengkonversi hampir semua format video termasuk DivX, XviD, MOV, rm, rmvb, MPEG, VOB, DVD, WMV, AVI ke MPEG-I, MPEG-I, NTSC DVD, DVD PAL, Flash for Video (FLV), AVI video dan Customized WMV format film. Any Video Converter memudahkan bagi siapa saja untuk menikmati format video dengan PSP telepon, ponsel atau MP4 player.

Any Video Converter juga mendukung setiap pengguna mendefinisikan format file video sebagai output. Any Video Converter memiliki kecepatan unmatchable dan kualitas tinggi. Dengan Any Video Converter anda bisa dengan mudah mengubah format video anda.

Any Video Converter features:
- User-friendly interface that is easy to use.
- Converts all video formats MPEG-I, MPEG-I, DVD NTSC , DVD PAL, Flash for Video (FLV), AVI Video and Customized WMV movie formats.
- Batch convert any video formats including avi, wmv, asf, mpg, mp4, etc.
- Support DivX and Xvid avi format as importing and exporting video
- Support default video/audio settings or user customized parameters for video and audio.
- Has the option to preview the video in real-time before conversion .
- World's fastest video conversion speed with stunning video and audio quality.
- Supports adjust many video/audio options for MP4 files. For example, video/audio sample rate, bit rate, video size...

Selain Versi Free disini juga saya sediakan versi Pro nya yang disitus aslinya harganya $29.95. Di Versi Pro sudah saya sertakan dengan key nya sehingga bisa digunakan full version. klik dibawah ini untuk mendapatkannya....

Download Any Video Converter Free
Download Any Video Converter PRO


Untuk mempercepat download gunakan IDM yang bisa di download DiSini
sumber : http://dedepurnama.blogspot.com 

Jumat, 24 Juni 2011

10 Makam Paling Terkenal di Dunia


10. Newgrange

Gundukan pemakaman Newgrange di County Meath, Irlandia jelas salah satu monumen prasejarah yang paling mengesankan di dunia. Membangun antara 3300 SM – 2900 SM, adalah juga tertua di dunia yang masih hidup bangunan (dengan cara yang lebih tua dari Stonehenge dan Great Pyramid of Giza di Mesir).
Newgrange sangat mengesankan: gundukan bundar adalah 250 kaki (76 m) di seluruh dan 40 kaki (12 m) tinggi. Meliputi seluruh acre (4.046 m²). Terowongan panjang di bawah gundukan mengarah ke kubah tinggi ruang pemakaman, sebuah lemari besi dengan corbelled langit-langit yang terbuat dari besar, saling lempengan batu.

Pintu masuk Newgrange ditandai dengan batu tepi jalan besar yang berukir dengan “seni megalitik,” yang meliputi busur spiral dan motif konsentris retak ke dalam batu dengan alat-alat batu.

9. Tana Toraja

 

Orang-orang Toraja di Sulawesi, Indonesia, memiliki apa yang mungkin adalah upacara pemakaman paling kompleks di dunia. Ketika seseorang meninggal, pemakaman ini dihadiri oleh banyak orang dan dapat berlangsung selama berhari-hari! Tapi itu bukan bagian yang aneh – ini adalah: upacara pemakaman sering diadakan minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah kematian (untuk memberikan keluarga almarhum cukup waktu untuk mengumpulkan uang untuk biaya).

Torajans bisa menunggu selama itu karena mereka percaya bahwa kematian bukanlah sebuah kejadian tiba-tiba melainkan suatu proses bertahap menuju akhirat (jika Anda bertanya-tanya tentang bau – adalah mayat dibalsem dalam beberapa hari pertama kematian, kemudian disimpan dalam sebuah tempat rahasia sampai upacara pemakaman).

Setelah banyak berpesta (termasuk pembantaian satu atau beberapa kerbau), orang mati adalah dikuburkan dalam sebuah gua batu yang dipahat dari tebing berbatu. Sebuah patung kayu berukir disebut tau tau, diukir dengan perumpamaan orang yang meninggal tersebut kemudian diletakkan di balkon makam untuk mewakili mengawasi mati dan jasad mereka.

8. Westminster Abbey

Gereja gothic Westminster Abbey di London, Inggris didirikan oleh biarawan Benediktin di abad kesepuluh (dan dibangun kembali pada abad ke-13 oleh Raja Henry III) – sejak itu telah berkembang menjadi baik gereja untuk penobatan bangsawan Inggris dan tempat peristirahatan terakhir Penguasa.

Meskipun pada awalnya Westminster Abbey adalah tempat pemakaman raja-raja, bangsawan, dan rahib, itu segera menjadi makam pilihan (jika ada hal seperti itu) bagi siapa yang di Inggris. Penyair dan penulis seperti Geoffrey Chaucer, Charles Dickens, Thomas Hardy, Rudyard Kipling, dan Alfred Tennyson; maupun para ilmuwan seperti Sir Isaac Newton, Charles Darwin, dan Ernest Rutherford semua kuburkan di sana.

7. Giza Necropolis

Ada lebih dari 100 piramida di Mesir, dengan yang terbesar dan paling terkenal adalah kompleks piramida di Giza Necropolis, Kairo, Mesir. Kompleks ini terdiri dari Great Pyramid of Giza (makam firaun Mesir Khufu atau Cheops), Piramida Khafre, Piramida Menkaure, patung Sphinx Agung, dan juga beberapa piramida satelit lainnya yang lebih kecil.

Mari kita, misalnya, Great Pyramid of Giza, satu-satunya anggota dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Ketika sudah selesai pada 2560 SM, piramid ini 481 kaki (147 m) tinggi dengan masing-masing sisi dasar menjadi 758 kaki (231 m) lebar. Blok beratnya sekitar 1,5 ton masing-masing, dengan blok granit internal digunakan sebagai atap ruang pemakaman menjadi sekitar 80 ton masing-masing. Mesir kuno tahu apa yang mereka lakukan: basis belah pihak memiliki mean margin kesalahan hanya 2 1 / 3 inch (58 mm)!

6. Lembah Para Raja

Bahkan jika Anda tidak tahu banyak tentang Lembah Para Raja, sebuah makam firaun Mesir kuno dan salah satu situs arkeologi yang paling terkenal di dunia, kemungkinan besar Anda tahu tentang salah satu penghuninya: King Tut dan Kutukan dari Firaun yang menyertai kuburnya.

Pada tahun 1922, Egyptologist Howard Carter menemukan dan membuka makam Tutankhamun – meskipun peringatan bahwa “Kematian akan datang pada sayap cepat kepadanya yang mengganggu kedamaian sang Raja.” Lord Carnarvon, para pemberi dana dari ekspedisi, adalah orang pertama yang mati: ia digigit oleh nyamuk dan kemudian sengaja mencambuk gigitan saat bercukur. Lukanya menjadi terinfeksi dan ia meninggal karena keracunan darah.

Apakah “misterius” terkait dengan Kematian Kutukan Sang Firaun sebenarnya telah ada hubungannya dengan pembukaan makam atau hanya menyalin besar untuk menjual koran, ilmuwan itu baru-baru ini menemukan bahwa memang terdapat makam berbahaya jamur, bakteri, racun, dan bahkan gas berbahaya.

5. Katakombe Paris

Resmi disebut les Carrières de Paris atau “pertambangan di Paris,” kata Katakombe Paris adalah jaringan terowongan bawah tanah dan ruangan yang dulu jaman Romawi-tambang batu kapur.

Pada akhir 1700-an, Paris menderita penyakit yang disebabkan oleh tidak pantas penguburan dan kuburan massal di pemakaman gereja. Setempat memutuskan bahwa mereka akan menghilangkan ribuan tulang dan menempatkan mereka ditumpuk di tambang bawah tanah yang ditinggalkan.

Hari ini, pintu masuk ke katakombe dibatasi dan hanya sebagian kecil dari 186 mil (300 km) senilai terowongan bawah tanah dapat diakses oleh publik. Rahasia pintu masuk ke Catacombs Namun, bertitik Paris – penjelajah perkotaan telah menemukan akses lewat selokan, dan bahkan manholes Paris Metro sistem kereta bawah tanah.

4. Darat terracot

Pada tahun 1974, petani setempat di Xi’an, Cina, menemukan sebuah kompleks bawah tanah yang luas makam sementara pengeboran air. Mereka telah secara kebetulan stumbled atas tanah pemakaman Qin Shi Huangdi, Kaisar Pertama dan pemersatu Cina.

Menurut legenda, Kaisar Pertama dikuburkan bersama harta yang besar di dalam sebuah makam dihiasi dengan mutiara-langit-langit (dalam sebuah pola yang mewakili kosmos) dan saluran digali di tanah dengan merkuri untuk mewakili mengalir sungai-sungai di Cina. Namun fitur yang paling terkenal adalah makam terracota Angkatan Darat, sekitar 8.000 hidup dan kehidupan seperti patung-patung berukuran prajurit dikuburkan bersama Qin Shi Huangdi untuk membantu pemerintahan Kaisar di akhirat.

3. Capuchin Katakombe Palermo

Ketika biara Kapusin di Palermo, Italia, outgrew aslinya pemakaman di abad ke-16, biarawan mengekskavasi katakombe di bawah ini dan mulai tradisi aneh yang berlangsung hingga abad ke-19.

Para biarawan Capuchin mumi tubuh orang mati, mereka mengenakan pakaian sehari-hari dan kemudian menempatkan mereka pada layar pada dinding biara. Rupanya, itu cukup simbol status untuk dimakamkan di biara Capuchin – terkemuka warga kota akan meminta harus dipertahankan dalam pakaian tertentu atau bahkan memiliki baju berubah secara teratur menurut kontemporer fashion!

Ketika tubuh terakhir dikebumikan di akhir 1800-an, ada 8.000 mumi di dinding biara Kapusin dan di katakombe.

2. Sedlec Osuarium

Sedlec Osuarium yang tinggal di sebuah kapel Katolik Roma kecil di Sedlec, Republik Ceko. Jika Anda tidak tahu lebih baik, Anda tidak akan menduga bahwa di dalam bangunan sederhana adalah sebuah osuarium yang berisi kira-kira 40.000 tengkorak manusia yang ditata secara artistik untuk membentuk dekorasi, lilin, dan perabot!

Pada abad ke-13, seorang abbas kembali ke Sedlec dengan sejumlah kecil bumi dari Golgota, tempat penyaliban Yesus, dan menaburkan ke seluruh pemakaman biara. Hal ini membuat lahan pemakaman gereja situs yang diinginkan dan selama berabad-abad ribuan orang dikuburkan di sana.

Pada 1870, František Rint, seorang pemahat kayu dipekerjakan untuk meletakkan tumpukan tulang agar. Dia memutuskan untuk membuat sebuah karya seni dari sisa-sisa kerangka: sebuah lampu yang terbuat dari tengkorak dan tulang, sebuah lambang keluarga yang membayarnya untuk melakukan pekerjaan itu.

1. Taj Mahal

Tidak ada artikel di makam yang lengkap tanpa Taj Mahal, sebuah makam megah di Agra, India. Taj Mahal dibangun pada 1631 oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, yang hancur ketika istrinya Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan. Tertimpa kesedihan, ia memerintahkan bahwa makam yang paling indah dibangun.

Sumber : namakugusti.wordpress.com

10 Penemuan Sejarah Yang Dianggap Sangat Penting

Karena peradaban telah ada lama di bumi, manusia ingin tahu tentang nenek moyangnya.
Kebutuhan kita untuk terhubung ke masa lalu kita adalah sebab kuat mengapa kita mempelajari antropologi dengan adanya banyak situs penting dan artefak yang ditelusuri melalui arkeologi telah membuka mata kita kepada kehidupan orang-orang yang ada sebelum kita.


10. Tentara Tanah Liat Kaisar Qin Shi Huang

Seorang petani di Xi'an bernama Yang adalah pengeboran air ketika ia menemukan Tentara tanah liat pada tahun 1947.Tentara _tentara ini dipahat oleh 700.000 pekerja paksa yang di kubur di bawah tanah di depan makam Qin Shi Huang sehingga mereka bisa melindungi dia di akhirat.





Qin Shi Huang adalah Kaisar pertama yang menyatukan Cina dan banyak dicerca karena tirani tapi dikaghumi sebagai pemimpin yang visioner. Puluhan ribu patung manusia dan hewan diciptakan dalam beberapa potong dan kemudian dirakit, masing-masing karya ini sangat unik. atau tidak sama antara satu dengan yang lain

Realisasi senjata dan baju besi digunakan dalam pembuatan prajurit tetapi sebagian dicuri setelah makam selesai dibangun. Meskipun penemuan yang mengesankan di Xi'an, makam sang kaisar belum ditemukan.

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Tentara Terracotta adalah pintu kita untuk memahami bagaimana tentara Dinasti Qin nyata berfungsi. Dengan memeriksa prajurit dari tanah liat ini kita dapat menentukan formasi tentara dan jenis senjata yang digunakan serta kualitas mereka. Baik pedang perunggu, belati, billhooks, tombak, halberds, kapak, busurpanah dan semuanya ditemukan di lubang-lubang di Xi'an.

9. Gulungan Lembaran Laut Mati

Gulungan Laut Mati adalah koleksi kuno, kebanyakan manuskrip Ibrani yang ditemukan di beberapa situs di barat laut pantai Laut Mati. Antara 825 dan 870 gulungan yang berbeda telah ditemukan di 11 gua 1947-1956.


Sebagian besar teks Alkitab dan termasuk fragmen dari setiap buku Perjanjian Lama kecuali kitab Ester serta Kitab Yesaya awal dikenal dan belum pernah dilihat disebabkan Mazmur Raja Daud dan Yosua. Beberapa teks Alkitab tidak ditemukan juga, dan komentar pada buku-buku Perjanjian, aturan Lama dari masyarakat, melakukan perang, komposisi hymnic dan benedictions untuk beberapa nama.

 

Para Naskah diyakini dari perpustakaan Sekte Yahudi, ditulis oleh Essenes dan tersembunyi di gua-gua di sekitar Pemberontakan Yahudi Pertama (66-70 AD).

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Penemuan Gulungan Laut Mati secara luas dianggap menemukan naskah terbesar sepanjang masa.Mendahului gulungan naskah Perjanjian Lama tertua berikutnya dengan 1000 tahun dan membuktikan bahwa Kekristenan berakar pada Yudaisme. Mereka juga memberi kita wawasan yang jelas tentang kehidupan orang-orang Yahudi hidup pada saat itu .

8.Perpustakaan Kerajaan Ashurbanipal

Kumpulan sekitar 25.000 tablet fragmen tanah liat, Perpustakaan Ashurbanipal ditemukan di pertengahan abad ke-19 oleh Austen Henry Layard di kota Mesopatamian Niniwe (Irak).  

Ashurbanipal adalah raja Asyur selama puncak prestasi militer dan budaya Asiria, tapi di luar ini ia adalah seorang kolektor teks yang mengirim ahli-ahli Taurat di seluruh Kekaisaran nya mencari tambahan untuk koleksi perpustakaan.

 

Perpustakaan itu sendiri adalah salah satu yang terbesar waktu itu dan berisi sekitar 1200 teks. Teks-teks ini termasuk prasasti kerajaan, kronik, teks mitologi dan agama, kontrak, hibah keputusan kerajaan , surat-surat kerajaan, pertanda, mantra, himne untuk berbagai dewa dan teks pada kedokteran, astronomi, dan sastra.

Beberapa sastra termasuk epik Gilgamesh, kidsh yang dibuat oleh Enuma Elis , mitos Adapa dan Manusia Miskin dari Nippur. Pada tahun 612 SM, Niniwe dihancurkan oleh aliansi Babilonia, Scythians dan Media dan istana dibakar, sehingga membuat tanah liat yang membungkus teks-teks itu matang

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Terkubur selama berabad-abad oleh penjajah, Perpustakaan Kerajaan Ashurbanipal memberikan banyak ahli informasi berharga tentang penduduk kuno Timur tengah. Selain epik Gilgamesh salah satu teks yang paling penting yang ditemukan di situs adalah daftar yang hampir lengkap dari penguasa Timur Tengah kuno.

7. Makam Tutankhamun's (KV62)

Pada bulan November 1922, Egyptologist Inggris Howard Carter menemukan salah satu makam yang paling utuh yang pernah ditemukan di Lembah Para Raja .  

Carter dan majikannya, Lord ke V Carnarvon, telah mencari Makam Tut sejak Theodore M. Davis menemukan beberapa artefak penguburan dengan namanya pada tahun 1907

Makam itu awalnya diyakini ditujukan untuk orang lain dan berubah menjadi makam kerajaan karena Tutankhamun meninggal sangat muda, beberapa bahkan percaya bahwa hal itu menjadi makam Ankhesenamun juga, Nefertiti atau Smenkhare.


makam Tut terdiri dari sebuah ruang pemakaman, benda-benda berharga, lampiran dan ruang depan, yang dimasukkan dengan tangga dan koridor miring.


Ini berisi harta karun benda Mesir kuno termasuk patung, model perahu, kereta, dan bahkan dua janin mumi yang dianggap sebagai anaknya yang mati saat dilahirkan.

 
Mengapa Dianggap Penting ? 

Makam Tutankhamun bukan makam yang termegah (sebenarnya itu adalah makam kerajaan terkecil dapat ditemukan di Lembah Para Raja ) atau dia salah satu yang paling kuat penguasa Mesir, tetapi makamnya adalah makam paling utuh yang pernah ditemukan di Lembah Para Raja.

Ini telah memberikan pemahaman Egyptologists tentang harta yang dianggap cukup penting bagi Raja untuk membawa bersamanya ke akhirat. Ini juga menyediakan untuk para ahli checklist barang yang hilang di lokasi pemakaman lain di seluruh Mesir.

6. Pompeii

Pompeii adalah sebuah kota kuno yang telah didirikan pada abad ke 6 SM oleh keturunan berbahasa Oscan penduduk Neolitik Campania, kemudian datang di bawah Yunani, Etruscan, Samnite dan akhirnya di bawah kekuasaan Romawi .  

Sebagai sebuah koloni Romawi pompeii sangat makmur sebagai pelabuhan dan sebagai tujuan wisata, bukti yang dapat ditemukan di banyak villa, kuil, teater dan pemandian dibangun di seluruh kota.

 

Pompeii juga memiliki amfiteater, forum, dan basilika dan Pompeii adalah rumah bagi sekitar 20.000 jiwa.

Pada 63 M gempa bumi menyebabkan kerusakan yang luas untuk Pompeii dan dalam tahun-tahun berikutnya ada upaya untuk memperbaiki beberapa kerusakan.Kemudian teror melanda pada tanggal 24 Agustus, 79 M ketika gunung berapi Vesuvius meletus dan menyelimuti kota dengan debu dan abu.

 

Pompeii was discovered in 1599 by Domenico Fontana while he was working on a hydraulics project, but remained unexcavated until it was rediscovered in 1748 by Spanish military engineer Rocque Joaquin de Alcubierre.


Pompeii ditemukan di 1599 oleh Domenico Fontana ketika ia bekerja pada sebuah proyek hidrolika, namun tetap belum tergali sampai ditemukan kembali pada 1748 oleh insinyur Spanyol Rocque militer Joaquin de Alcubierre.

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Reruntuhan Pompeii memberikan perspektif yang unik bagi arkeolog tentang kehidupan Romawi: cara kerja sehari-hari di sebuah kota hidup.

 

Kita bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang sebuah kota dalam krisis karena abu telah mengawetkan segalanya begitu baik-termasuk keluarga yang berkumpul bersama-sama, penjahat yang masih dalam rantai, hewan yang ditinggalkan berdiri dan lukisan dinding yang sempurna seperti diawetkan .

5.Gua Lascaux

Sebuah kompleks gua yang luas di Perancis barat daya, Lascaux terkenal karena banyak lukisan gua dari zaman Paleolitikum. Gua Lascaux ditemukan oleh empat remaja, Marcel Ravidat, Jacques Marsal, Georges Agnel dan Simon Coencas pada tanggal 12 September 1940. Ada hampir gambar 2000 hewan, manusia dan tanda-tanda abstrak di dalam gua . binatang yang dicat antara lain rusa, sapi, bisons, kucing, burung, seekor badak dan beruang.


Lascaux tidak tampaknya tidak dihuni melainkan hanya dikunjungi secara berkala untuk tujuan lukisan.Pada tahun 1948 Lascaux dibuka kepada publik tetapi jumlah pengunjung harian ke gua itu mengubah suasana di dalam gua sehingga ditutup pada tahun 1963 dan 20 tahun kemudian replika yang mirip, Lascaux II dibuka.

Hari ini gua sedang diserang oleh serangkaian jamur dan bakteri mengancam untuk menghapus karya seni Prasejarah tak ternilai harganya.

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Gua Lascaux tidak hanya gua prasejarah terbesar di Perancis, tetapi yang paling baik kondisinya.
Salah satu lukisan yang disebut "The Crossed Bison" menunjukkan keterampilan para pelukis gua untuk menangkap realisme.

 

Kemampuan untuk menggunakan perspektif tidak digunakan lagi sampai abad ke 15. Dari lukisan-lukisan ini kita juga bisa menentukan jenis hewan yang masih ada dan penting bagi pelukis.

4. Manusia Peking

Manusia Peking atau Manusia Beijing adalah jenis yang sebelumnya tidak diketahui manusia Prasejarah ditemukan oleh ahli anatomi Kanada Davidson Black di sebuah gua di Zhoukoudian, Cina pada tahun 1927.Antara tahun 1937, 14 bagian kranium , 11 rahang bawah, gigi-gigi, dan tulang kerangka ditemukan di situs tersebut. Hal ini diyakini bahwa gua adalah rumah bagi sekitar 45 individu. 


Dari studi yang ekstensif tetap yang dibuat oleh Black dan pendahulunya anatomi Jerman Franz Weidenreich, kita tahu bahwa Manusia Peking berdiri tegak, membuat alat-alat batu, mengerti bagaimana menggunakan api, memiliki sebuah tonjolan alis berat dan gigi besar.

 

Pada tahun 1941, ketika dikirim ke Amerika Serikat untuk keselamatan selama Perang Dunia II, fosil asli hilang dan belum ditemukan. Namun, gips dan deskripsi tetap dan sejak akhir perang, fosil lain Manusia Peking telah ditemukan di situs tersebut dan di tempat lain di seluruh China.

 
Mengapa Dianggap Penting ? 

Sebelum Black telah menemukan Manusia, banyak ahli percaya bahwa sisa-sisa Manusia Jawa sebenarnya sisa-sisa kera yang mirip manusia. Temuan penggunaan alat dan pembuatan api di Zhoukoudian memperkuat dugaan bahwa Manusia Java dan MAnusia Peking adalah anggota dari evolusi yang luas pada manusia dan mengisi tingkatan dalam skema evolusi kita.

3. Batu Rosetta

Batu Rosetta adalah stela basal hitam (batu kuno tegak yang digunakan sebagai penanda) yang kembali ke tahun 196 SM. Sebuah keputusan Mesir menghormati Raja Ptolemeus V diukir di batu dalam bahasa Yunani, hieroglif Mesir dan Mesir demotik. Batu itu awalnya ditampilkan dalam sebuah kuil dan kemudian dipindahkan dan digunakan sebagai bahan bangunan dalam benteng di desa Rashid (Rosetta).  


ditemukan di sana oleh Kapten Pierre-Francois Bouchard pada tanggal 15 Juli 1799, selama kampanye Napoleon di Mesir. Upaya untuk memahaminya pertama kali dilakukan oleh Thomas Young, yang menerjemahkan teks demotik, dan dengan Egyptologist Perancis Jean Francois Champollion yang umumnya dikenal sebagai penerjemah Batu Rosetta. Champollion menggunakan bahasa Koptik untuk menyadari bahwa hieroglif adalah sebagai bahasa lisan dan bukan hanya simbol.

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Penemuan Batu Rosetta dan kesadaran bahwa itu adalah bagian yang sama yang ditulis dalam tiga bahasa memungkinkan para sarjana untuk mendapatkan sekilas kejelasan tentang peradaban yang lama telah menjadi misteri bagi para ilmuwan.

 

Kini Egyptologists telah mampu menerjemahkan seluruh bahasa Mesir Kuno dari prasasti tersebut.

2. Batu Behistun

Ditemukan oleh Robert Sherley, Inggris pada 1598,saat dalam misi diplomatik ke Persia, Batu Behistun adalah prasasti multibahasa yang ditulis oleh Darius Agung.


Prasasti itu dimulai dengan otobiografi Darius 'dan dilanjutkan dengan menggambarkan beberapa peristiwa setelah kematian Cyrus Agung dan Cambyses II.Seperti Batu Rosetta , BAtu Behistun mencakup bagian yang sama dalam tiga bahasa tulisan paku: Persia kuno, Elamite dan Babilonia.


Teks ini diterjemahkan secara bertahap oleh Georg Friedrich Grotefend (Persia kuno), Sir Henry Rawlinson, Edward Hincks, Julius Oppert, William Henry Fox Talbot dan Edwin Norris.  
Mengapa Dianggap Penting ?

 
Tidak hanya prasasti memberi kita bisa mengetahui ke dalam pikiran Darius Agung, tetapi juga berperan dalam menerjemahkan tulisan paku. Arkeolog memperoleh pemahaman yang lebih besar tentang peradaban seperti Mesopotamia, Sumeria, Akkadia, Persia dan Asyur karena mampu menguraikan karakter tulisan paku tersebut.

1.Olduvai Gorge 

Sebuah danau Kuno di cekungan Tanzania utara, Gorge Olduvai telah menghasilkan sisa-sisa lebih dari 60 hominid serta dua tradisi alat batu yang paling awal yang pernah ditemukan (Oldowan dan Acheulian). ngarai ini ditemukan oleh Wilhelm Kattwinkel entomologi Jerman pada tahun 1911 ketika ia jatuh ke dalamnya saat mengejar kupu-kupu.

 


Hans yang terinspirasi Reck untuk memimpin sebuah ekspedisi di sana pada tahun 1913, namun karyanya ini diakhiri oleh Perang Dunia I. Penggalian dari Olduvai dimulai pada 1931 oleh Lois Leakey dan istrinya Mary.

Tiga spesies terpisah dari hominid telah ditemukan di Olduvai selama bertahun-tahun, termasuk boisei Australopithecus, Homo habilis dan Homo erectus. Hewan juga telah ditemukan di situs termasuk antelop besar, gajah, kelinci, unggas guinea, jerapah dan hipparions (kuda berjari tiga yang telah lama punah).

 
Mengapa Dianggap Penting ?

Olduvai Gorge berisi urutan terpanjang budaya yang pernah ditemukan dan penemuan di sana telah memperkuat argumen bahwa asal-usul manusia pertama ada di Afrika.Menemukan ini juga memberi kita wawasan bagaimana hominid hidup.



Misalnya, Mary Leakey menemukan jejak kaki hominid pada tahun 1975, yang membuktikan bahwa mereka berjalan dengan dua kaki-salah satu penemuan paleoanthropologis terbesar di abad yang lalu.

Sumber : danish56.blogspot.com

Sejarah Islam Syi'ah dan Sunni

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZOJC-D3rAaHsYBuJR-En0S7rfLBguoH5CYJ316gpixs67fu42rfrcDcfK_NCuQ8PckB2HZVXVmGuKJVmHQEe0toegY09C9Ua7wzJAvn69PsEEpIDyU54gwb56m_z2Ub4yXyhS0dgptGI/s320/islam+copy.png

 Kita sering mendengar istilah Islam Syiah, tetapi kadang lupa istilah Islam Sunni. Sunni atau Ahlus Sunnah Wal Jamaah adalah pemeluk Islam mayoritas di dunia. Jumlahnya mencapai 90% sedangkan Syiah hanya 10% dan terfokus di Republik Islam Iran. Sesuai namanya, Sunni berarti “orang-orang yang senantiasa menegakkan Islam sesuai dengan Al-Quran dan hadits, sesuai dengan pemahaman sahabat nabi, tabi’in (sahabat dari sahabat nabi), dan tabi’ut tabi’in (sahabat dari sahabat dari sahabat nabi).

Diskusi tentang Syiah dan Sunni sampai hari ini menjadi diskusi tak berkesudahan, terkait dengan persoalan keyakinan, fikih, bahkan politik. Sering kali perdebatan dan saling tuduh terjadi lantaran sudut pandang yang bias.
Agar kita mendapatkan sudut pandang yang jernih tentang hal ini, tentu kita mesti menengok terlebih dahulu sejarah Syiah dan Sunni, terutama pada era kekhalifahan, di mana kedua sekte (aliran) itu lahir, bergesekan dan berdampingan.
Berawal dari Pertikaian
Dikotomi Syiah dan Sunni tidak pernah ada sebelum peristiwa tahkim (arbitrase) pada abad ke-1 H, yaitu perundingan damai antara Ali bin Abi Thalib, yang saat itu menjabat sebagai khalifah ketiga, dengan Muawiyah bin Abi Sufyan yang mengklaim sebagai khalifah. Kedua sahabat tersebut bertikai, bahkan berperang, dan menemui titik temu pada peristiwa tahkim itu.
Sebagian pengikut Ali tidak sepakat dengan arbitrase ini. Mereka lalu keluar dari barisan pendukung dan membuat kelompok tersendiri yang kemudian dikenal dengan nama Khawarij, yang malah balik menentang Ali. Sedangkan sebagian lagi bersikap sebaliknya: mendukung penuh Ali. Kelompok ini lantas dinamai Syiah, yang artinya “para pengikut.” Adapun umat Islam yang lain, yang tidak masuk dalam kelompok pendukung maupun penentang, disebut kelompok Sunni. Khawarij punah seiring zaman, sementara dua sekte yang lain tetap hidup.

Pada perkembangan selanjutnya, kedua sekte ini mengembangkan perbedaan-perbedaan mereka kepada ranah teologi (keyakinan), fikih, dan sikap politik. Kaum Sunni sepakat bahwa para Khalifah Yang Empat (khulafaur-rasyidin) adalah sah, yaitu Abu Bakar, Umar bin Khathab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Sementara, beberapa kelompok Syiah hanya mengakui Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah. Menurut mereka, penerus sah kepemimpinan Muhammad Saw adalah Ali, lalu diteruskan kepada para imam yang suci dari kalangan Ahlul Bayt (keluarga Nabi Muhammad Saw).
Dalam sejarah politik Islam, Syiah menjadi oposan (penentang) utama kekhalifahan Dinasti Umayah (abad ke-1 -2 H) yang Sunni, karena dianggap memusuhi ahlul bayt yang dalam Syiah disucikan dan diagungkan. Ketika Dinasti Umayah runtuh, Syiah sempat mendapatkan kekuasaan ketika turut serta mendirikan kekhalifahan Dinasti Abassiyah pada pertengahan abad ke-2 H. Namun, beberapa lama kemudian, Syiah menjauh lagi dari kekuasaan.
Pada masa kekacauan pemerintahan Abassiyah, salah satu sekte Syiah, yaitu Ismailiyah (yang paling banyak dipermasalahkan oleh Sunni akibat keyakinannnya yang menyimpang) menguasai Mesir dan mendirikan kekhalifahan Dinasti Fathimiyah di sana pada 910 M. Dinasti ini sempat mendirikan sebuah universitas yang terkenal hingga kini, yaitu Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir. Setelah beberapa kurun, Fathimiyah runtuh dan Al-Azhar diambil alih oleh Sunni.

Aliran dan Mazhab dalam Syiah
Terkait keyakinan Syiah tentang para “Imam yang suci”, ada beberapa aliran dalam hal ini. Ada yang menetapkan jumlah 12 untuk imam, yaitu aliran Syiah "itsna ‘asyari" (syiah 12 imam), dan ini aliran yang paling populer. Ada juga yang menetapkan lima imam dan tujuh imam. Namun tidak semua aliran menentang keabsahan kekhalifahan Abu Bakar dan Umar seperti yang dituduhkan. Aliran Zaidiyah misalnya, tetap mengakui kekhalifahan sebelum Ali.
Dalam bidang fikih (hukum), Syiah dan Sunni memiliki banyak perberbedaan karena metode ushul fikih (kaidah penggalian hukum) yang berbeda, terutama karena Syiah menjadikan pendapat imam sebagai sumber hukum Islam. Sedangkan, Sunni hanya membatasi sumber hukum Islam pada Al-Quran, Hadits, Ijma (kesepakatan), dan qiyas (analogi). Namun, ada satu mazhab fikih Syiah yang diakui oleh golongan Sunni, yaitu mazhab Ja’fari, hingga dikatakan sebagai “mazhab kelima” setelah Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali. Keempat mazhab ini beraliran Sunni.

Sunni-Syiah Hari Ini
Akibat perbedaan mendasar dalam banyak hal, kedua sekte ini tetap hidup masing-masing hingga kini. Pengikut Sunni meliputi mayoritas umat Islam di seluruh dunia Islam. Sedangkan, penganut Syiah terkonsentrasi di Irak dan Iran. Bahkan di Iran, Syiah mendirikan negara sendiri berdasarkan teologi dan fikih Syiah sejak Revolusi Iran tahun 1979.
Hingga saat ini, kedua sekte mengembangkan pemikiran keagamaannya masing-masing, meski ada beberapa upaya untuk mendekatkan pemikiran Sunni dan Syiah.




Mengapa Sunni muncul?
Sejarah Sunni dimulai ketika ricuhnya perpolitikan yang mengatasnamakan Islam. Nabi Muhammad wafat sebelum menunjuk pengganti. Oleh karena itu, terjadi konflik tentang siapa yang paling pantas menggantikan beliau sebagai khalifah. Setelah ketegangan dan tarik-ulur selama dua hari sehingga menunda pemakaman jasad Nabi Muhammad, ditunjuklah Abu Bakar as-Shiddiq sebagai khalifah. Penunjukan ini tidak memuaskan beberapa kalangan. Bahkan, kalangan yang mengklaim bahwa Ali bin Abi Thalib lebih sah menjadi khalifah kemudian memisahkan diri dan membentuk Syiah.
Sementara itu, golongan yang lebih umum, kemudian disebut Sunni. Golongan ini hingga saat ini terbagi dalam empat mahzab berbeda. Yang perlu dicatat, empat mahzab tersebut tidak menandakan perpecahan. Perbedaan empat mahzab hanya terletak pada masalah-masalah yang bersifat “abu-abu”, tidak diterangkan secara jelas oleh Al-Quran atau hadits seiring dengan kemajuan zaman dan kompleksitas hidup muslim.
Empat Imam utama Sunni yaitu Imam Abu Hanifah, Imam Syafii, Imam Malik, dan Imam Ahmad bin Hambal. Mereka sama-sama mengambil ijtihad (upaya) dalam menyelesaikan masalah yang bersifat “abu-abu” tersebut.

Adapun empa mahzab Sunni adalah sebagai berikut.

1. Mahzab Hanafi
Mahzab ini didirikan oleh Imam Abu Hanifah. Mahzab ini diikuti oleh 45% muslim dunia; jumlah yang paling besar di dunia. Penganut mahzab Hanafi kebanyakan terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. India, Libanon, dan Pakistan termasuk negara-negara yang berkiblat pada Imam Abu Hanifah.

2. Mahzab Syafi’i
Mahzab ini didirikan oleh Imam Syafi’i. Jumlah pengikutnya mencapai 28% muslim dunia. Umat Islam negara kita, Indonesia, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya (Malaysia, Brunei, Thailand, Singapura) berbasis pada mahzab ini.

3. Mahzab Maliki
Mahzab ini didirikan oleh Imam Malik. Penganutnya tersebar luas di daerah Afrika Barat dan Utara. Jumlah pengikutnya mencapai 20% muslim.

4. Mahzab Hambali

Mahzab ini digagas oleh murid Imam Ahmad bin Hambal. Meskipun hanya dianut oleh 5% muslim dunia, mahzab inilah yang dipegang oleh negara Arab Saudi. Yang menarik, Arab Saudi yang didirikan oleh Klan Saud termasuk dalam negara yang juga berpegang teguh pada sikap eksklusif Wahhabiyah, yang kadang dikaitkan dengan “terorisme Islam”.
 

Sejarah Singkat Imam Hanbali



Nasab dan Kelahirannya

Beliau adalah Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin ‘Auf bin Qasith bin Mazin bin Syaiban bin Dzuhl bin Tsa‘labah adz-Dzuhli asy-Syaibaniy. Nasab beliau bertemu dengan nasab Nabi pada diri Nizar bin Ma‘d bin ‘Adnan. Yang berarti bertemu nasab pula dengan nabi Ibrahim.
Ketika beliau masih dalam kandungan, orang tua beliau pindah dari kota Marwa, tempat tinggal sang ayah, ke kota Baghdad. Di kota itu beliau dilahirkan, tepatnya pada bulan Rabi‘ul Awwal -menurut pendapat yang paling masyhur- tahun 164 H.
Ayah beliau, Muhammad, meninggal dalam usia muda, 30 tahun, ketika beliau baru berumur tiga tahun. Kakek beliau, Hanbal, berpindah ke wilayah Kharasan dan menjadi wali kota Sarkhas pada masa pemeritahan Bani Umawiyyah, kemudian bergabung ke dalam barisan pendukung Bani ‘Abbasiyah dan karenanya ikut merasakan penyiksaan dari Bani Umawiyyah. Disebutkan bahwa dia dahulunya adalah seorang panglima.

Masa Menuntut Ilmu

Imam Ahmad tumbuh dewasa sebagai seorang anak yatim. Ibunya, Shafiyyah binti Maimunah binti ‘Abdul Malik asy-Syaibaniy, berperan penuh dalam mendidik dan membesarkan beliau. Untungnya, sang ayah meninggalkan untuk mereka dua buah rumah di kota Baghdad. Yang sebuah mereka tempati sendiri, sedangkan yang sebuah lagi mereka sewakan dengan harga yang sangat murah. Dalam hal ini, keadaan beliau sama dengan keadaan syaikhnya, Imam Syafi‘i, yang yatim dan miskin, tetapi tetap mempunyai semangat yang tinggi. Keduanya juga memiliki ibu yang mampu mengantar mereka kepada kemajuan dan kemuliaan.
Beliau mendapatkan pendidikannya yang pertama di kota Baghdad. Saat itu, kota Bagdad telah menjadi pusat peradaban dunia Islam, yang penuh dengan manusia yang berbeda asalnya dan beragam kebudayaannya, serta penuh dengan beragam jenis ilmu pengetahuan. Di sana tinggal para qari’, ahli hadits, para sufi, ahli bahasa, filosof, dan sebagainya.
Setamatnya menghafal Alquran dan mempelajari ilmu-ilmu bahasa Arab di al-Kuttab saat berumur 14 tahun, beliau melanjutkan pendidikannya ke ad-Diwan. Beliau terus menuntut ilmu dengan penuh azzam yang tinggi dan tidak mudah goyah. Sang ibu banyak membimbing dan memberi beliau dorongan semangat. Tidak lupa dia mengingatkan beliau agar tetap memperhatikan keadaan diri sendiri, terutama dalam masalah kesehatan. Tentang hal itu beliau pernah bercerita, “Terkadang aku ingin segera pergi pagi-pagi sekali mengambil (periwayatan) hadits, tetapi Ibu segera mengambil pakaianku dan berkata, ‘Bersabarlah dulu. Tunggu sampai adzan berkumandang atau setelah orang-orang selesai shalat subuh.’”
Perhatian beliau saat itu memang tengah tertuju kepada keinginan mengambil hadits dari para perawinya. Beliau mengatakan bahwa orang pertama yang darinya beliau mengambil hadits adalah al-Qadhi Abu Yusuf, murid/rekan Imam Abu Hanifah.
Imam Ahmad tertarik untuk menulis hadits pada tahun 179 saat berumur 16 tahun. Beliau terus berada di kota Baghdad mengambil hadits dari syaikh-syaikh hadits kota itu hingga tahun 186. Beliau melakukan mulazamah kepada syaikhnya, Hasyim bin Basyir bin Abu Hazim al-Wasithiy hingga syaikhnya tersebut wafat tahun 183. Disebutkan oleh putra beliau bahwa beliau mengambil hadits dari Hasyim sekitar tiga ratus ribu hadits lebih.
Pada tahun 186, beliau mulai melakukan perjalanan (mencari hadits) ke Bashrah lalu ke negeri Hijaz, Yaman, dan selainnya. Tokoh yang paling menonjol yang beliau temui dan mengambil ilmu darinya selama perjalanannya ke Hijaz dan selama tinggal di sana adalah Imam Syafi‘i. Beliau banyak mengambil hadits dan faedah ilmu darinya. Imam Syafi‘i sendiri amat memuliakan diri beliau dan terkadang menjadikan beliau rujukan dalam mengenal keshahihan sebuah hadits. Ulama lain yang menjadi sumber beliau mengambil ilmu adalah Sufyan bin ‘Uyainah, Ismail bin ‘Ulayyah, Waki‘ bin al-Jarrah, Yahya al-Qaththan, Yazid bin Harun, dan lain-lain. Beliau berkata, “Saya tidak sempat bertemu dengan Imam Malik, tetapi Allah menggantikannya untukku dengan Sufyan bin ‘Uyainah. Dan saya tidak sempat pula bertemu dengan Hammad bin Zaid, tetapi Allah menggantikannya dengan Ismail bin ‘Ulayyah.”
Demikianlah, beliau amat menekuni pencatatan hadits, dan ketekunannya itu menyibukkannya dari hal-hal lain sampai-sampai dalam hal berumah tangga. Beliau baru menikah setelah berumur 40 tahun. Ada orang yang berkata kepada beliau, “Wahai Abu Abdillah, Anda telah mencapai semua ini. Anda telah menjadi imam kaum muslimin.” Beliau menjawab, “Bersama mahbarah (tempat tinta) hingga ke maqbarah (kubur). Aku akan tetap menuntut ilmu sampai aku masuk liang kubur.” Dan memang senantiasa seperti itulah keadaan beliau: menekuni hadits, memberi fatwa, dan kegiatan-kegiatan lain yang memberi manfaat kepada kaum muslimin. Sementara itu, murid-murid beliau berkumpul di sekitarnya, mengambil darinya (ilmu) hadits, fiqih, dan lainnya. Ada banyak ulama yang pernah mengambil ilmu dari beliau, di antaranya kedua putra beliau, Abdullah dan Shalih, Abu Zur ‘ah, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, al-Atsram, dan lain-lain.
Beliau menyusun kitabnya yang terkenal, al-Musnad, dalam jangka waktu sekitar enam puluh tahun dan itu sudah dimulainya sejak tahun tahun 180 saat pertama kali beliau mencari hadits. Beliau juga menyusun kitab tentang tafsir, tentang an-nasikh dan al-mansukh, tentang tarikh, tentang yang muqaddam dan muakhkhar dalam Alquran, tentang jawaban-jawaban dalam Alquran. Beliau juga menyusun kitab al-manasik ash-shagir dan al-kabir, kitab az-Zuhud, kitab ar-radd ‘ala al-Jahmiyah wa az-zindiqah(Bantahan kepada Jahmiyah dan Zindiqah), kitab as-Shalah, kitab as-Sunnah, kitab al-Wara ‘ wa al-Iman, kitab al-‘Ilal wa ar-Rijal, kitab al-Asyribah, satu juz tentang Ushul as-Sittah, Fadha’il ash-Shahabah.
Pujian dan Penghormatan Ulama Lain Kepadanya

Imam Syafi‘i pernah mengusulkan kepada Khalifah Harun ar-Rasyid, pada hari-hari akhir hidup khalifah tersebut, agar mengangkat Imam Ahmad menjadi qadhi di Yaman, tetapi Imam Ahmad menolaknya dan berkata kepada Imam Syafi‘i, “Saya datang kepada Anda untuk mengambil ilmu dari Anda, tetapi Anda malah menyuruh saya menjadi qadhi untuk mereka.” Setelah itu pada tahun 195, Imam Syafi‘i mengusulkan hal yang sama kepada Khalifah al-Amin, tetapi lagi-lagi Imam Ahmad menolaknya.
Suatu hari, Imam Syafi‘i masuk menemui Imam Ahmad dan berkata, “Engkau lebih tahu tentang hadits dan perawi-perawinya. Jika ada hadits shahih (yang engkau tahu), maka beri tahulah aku. Insya Allah, jika (perawinya) dari Kufah atau Syam, aku akan pergi mendatanginya jika memang shahih.” Ini menunjukkan kesempurnaan agama dan akal Imam Syafi‘i karena mau mengembalikan ilmu kepada ahlinya.
Imam Syafi‘i juga berkata, “Aku keluar (meninggalkan) Bagdad, sementara itu tidak aku tinggalkan di kota tersebut orang yang lebih wara’, lebih faqih, dan lebih bertakwa daripada Ahmad bin Hanbal.”
Abdul Wahhab al-Warraq berkata, “Aku tidak pernah melihat orang yang seperti Ahmad bin Hanbal”. Orang-orang bertanya kepadanya, “Dalam hal apakah dari ilmu dan keutamaannya yang engkau pandang dia melebihi yang lain?” Al-Warraq menjawab, “Dia seorang yang jika ditanya tentang 60.000 masalah, dia akan menjawabnya dengan berkata, ‘Telah dikabarkan kepada kami,’ atau, “Telah disampaikan hadits kepada kami’.”Ahmad bin Syaiban berkata, “Aku tidak pernah melihat Yazid bin Harun memberi penghormatan kepada seseorang yang lebih besar daripada kepada Ahmad bin Hanbal. Dia akan mendudukkan beliau di sisinya jika menyampaikan hadits kepada kami. Dia sangat menghormati beliau, tidak mau berkelakar dengannya”. Demikianlah, padahal seperti diketahui bahwa Harun bin Yazid adalah salah seorang guru beliau dan terkenal sebagai salah seorang imam huffazh.
Keteguhan di Masa Penuh Cobaan

Telah menjadi keniscayaan bahwa kehidupan seorang mukmin tidak akan lepas dari ujian dan cobaan, terlebih lagi seorang alim yang berjalan di atas jejak para nabi dan rasul. Dan Imam Ahmad termasuk di antaranya. Beliau mendapatkan cobaan dari tiga orang khalifah Bani Abbasiyah selama rentang waktu 16 tahun.
Pada masa pemerintahan Bani Abbasiyah, dengan jelas tampak kecondongan khalifah yang berkuasa menjadikan unsur-unsur asing (non-Arab) sebagai kekuatan penunjang kekuasaan mereka. Khalifah al-Makmun menjadikan orang-orang Persia sebagai kekuatan pendukungnya, sedangkan al-Mu‘tashim memilih orang-orang Turki. Akibatnya, justru sedikit demi sedikit kelemahan menggerogoti kekuasaan mereka. Pada masa itu dimulai penerjemahan ke dalam bahasa Arab buku-buku falsafah dari Yunani, Rumania, Persia, dan India dengan sokongan dana dari penguasa. Akibatnya, dengan cepat berbagai bentuk bid‘ah merasuk menyebar ke dalam akidah dan ibadah kaum muslimin. Berbagai macam kelompok yang sesat menyebar di tengah-tengah mereka, seperti Qadhariyah, Jahmyah, Asy‘ariyah, Rafidhah, Mu‘tashilah, dan lain-lain.
Kelompok Mu‘tashilah, secara khusus, mendapat sokongan dari penguasa, terutama dari Khalifah al-Makmun. Mereka, di bawah pimpinan Ibnu Abi Duad, mampu mempengaruhi al-Makmun untuk membenarkan dan menyebarkan pendapat-pendapat mereka, di antaranya pendapat yang mengingkari sifat-sifat Allah, termasuk sifat kalam (berbicara). Berangkat dari pengingkaran itulah, pada tahun 212, Khalifah al-Makmun kemudian memaksa kaum muslimin, khususnya ulama mereka, untuk meyakini kemakhlukan Alquran.
Sebenarnya Harun ar-Rasyid, khalifah sebelum al-Makmun, telah menindak tegas pendapat tentang kemakhlukan Alquran. Selama hidupnya, tidak ada seorang pun yang berani menyatakan pendapat itu sebagaimana dikisahkan oleh Muhammad bin Nuh, “Aku pernah mendengar Harun ar-Rasyid berkata, ‘Telah sampai berita kepadaku bahwa Bisyr al-Muraisiy mengatakan bahwa Alquran itu makhluk. Merupakan kewajibanku, jika Allah menguasakan orang itu kepadaku, niscaya akan aku hukum bunuh dia dengan cara yang tidak pernah dilakukan oleh seorang pun’”. Tatkala Khalifah ar-Rasyid wafat dan kekuasaan beralih ke tangan al-Amin, kelompok Mu‘tazilah berusaha menggiring al-Amin ke dalam kelompok mereka, tetapi al-Amin menolaknya. Baru kemudian ketika kekhalifahan berpindah ke tangan al-Makmun, mereka mampu melakukannya.
Untuk memaksa kaum muslimin menerima pendapat kemakhlukan Alquran, al-Makmun sampai mengadakan ujian kepada mereka. Selama masa pengujian tersebut, tidak terhitung orang yang telah dipenjara, disiksa, dan bahkan dibunuhnya. Ujian itu sendiri telah menyibukkan pemerintah dan warganya baik yang umum maupun yang khusus. Ia telah menjadi bahan pembicaraan mereka, baik di kota-kota maupun di desa-desa di negeri Irak dan selainnya. Telah terjadi perdebatan yang sengit di kalangan ulama tentang hal itu. Tidak terhitung dari mereka yang menolak pendapat kemakhlukan Alquran, termasuk di antaranya Imam Ahmad. Beliau tetap konsisten memegang pendapat yang hak, bahwa Alquran itu kalamullah, bukan makhluk.
Al-Makmun bahkan sempat memerintahkan bawahannya agar membawa Imam Ahmad dan Muhammad bin Nuh ke hadapannya di kota Thursus. Kedua ulama itu pun akhirnya digiring ke Thursus dalam keadaan terbelenggu. Muhammad bin Nuh meninggal dalam perjalanan sebelum sampai ke Thursus, sedangkan Imam Ahmad dibawa kembali ke Bagdad dan dipenjara di sana karena telah sampai kabar tentang kematian al-Makmun (tahun 218). Disebutkan bahwa Imam Ahmad tetap mendoakan al-Makmun.
Sepeninggal al-Makmun, kekhalifahan berpindah ke tangan putranya, al-Mu‘tashim. Dia telah mendapat wasiat dari al-Makmun agar meneruskan pendapat kemakhlukan Alquran dan menguji orang-orang dalam hal tersebut; dan dia pun melaksanakannya. Imam Ahmad dikeluarkannya dari penjara lalu dipertemukan dengan Ibnu Abi Duad dan konco-konconya. Mereka mendebat beliau tentang kemakhlukan Alquran, tetapi beliau mampu membantahnya dengan bantahan yang tidak dapat mereka bantah. Akhirnya beliau dicambuk sampai tidak sadarkan diri lalu dimasukkan kembali ke dalam penjara dan mendekam di sana selama sekitar 28 bulan –atau 30-an bulan menurut yang lain-. Selama itu beliau shalat dan tidur dalam keadaan kaki terbelenggu.
Selama itu pula, setiap harinya al-Mu‘tashim mengutus orang untuk mendebat beliau, tetapi jawaban beliau tetap sama, tidak berubah. Akibatnya, bertambah kemarahan al-Mu‘tashim kepada beliau. Dia mengancam dan memaki-maki beliau, dan menyuruh bawahannya mencambuk lebih keras dan menambah belenggu di kaki beliau. Semua itu, diterima Imam Ahmad dengan penuh kesabaran dan keteguhan bak gunung yang menjulang dengan kokohnya.
Sakit dan Wafatnya

Pada akhirnya, beliau dibebaskan dari penjara. Beliau dikembalikan ke rumah dalam keadaan tidak mampu berjalan. Setelah luka-lukanya sembuh dan badannya telah kuat, beliau kembali menyampaikan pelajaran-pelajarannya di masjid sampai al-Mu‘tashim wafat.
Selanjutnya, al-Watsiq diangkat menjadi khalifah. Tidak berbeda dengan ayahnya, al-Mu‘tashim, al-Watsiq pun melanjutkan ujian yang dilakukan ayah dan kakeknya. dia pun masih menjalin kedekatan dengan Ibnu Abi Duad dan konco-konconya. Akibatnya, penduduk Bagdad merasakan cobaan yang kian keras. Al-Watsiq melarang Imam Ahmad keluar berkumpul bersama orang-orang. Akhirnya, Imam Ahmad bersembunyi di rumahnya, tidak keluar darinya bahkan untuk keluar mengajar atau menghadiri shalat jamaah. Dan itu dijalaninya selama kurang lebih lima tahun, yaitu sampai al-Watsiq meninggal tahun 232.
Sesudah al-Watsiq wafat, al-Mutawakkil naik menggantikannya. Selama dua tahun masa pemerintahannya, ujian tentang kemakhlukan Alquran masih dilangsungkan. Kemudian pada tahun 234, dia menghentikan ujian tersebut. Dia mengumumkan ke seluruh wilayah kerajaannya larangan atas pendapat tentang kemakhlukan Alquran dan ancaman hukuman mati bagi yang melibatkan diri dalam hal itu. Dia juga memerintahkan kepada para ahli hadits untuk menyampaikan hadits-hadits tentang sifat-sifat Allah. Maka demikianlah, orang-orang pun bergembira pun dengan adanya pengumuman itu. Mereka memuji-muji khalifah atas keputusannya itu dan melupakan kejelekan-kejelekannya. Di mana-mana terdengar doa untuknya dan namanya disebut-sebut bersama nama Abu Bakar, Umar bin al-Khaththab, dan Umar bin Abdul Aziz.
Menjelang wafatnya, beliau jatuh sakit selama sembilan hari. Mendengar sakitnya, orang-orang pun berdatangan ingin menjenguknya. Mereka berdesak-desakan di depan pintu rumahnya, sampai-sampai sultan menempatkan orang untuk berjaga di depan pintu. Akhirnya, pada permulaan hari Jumat tanggal 12 Rabi‘ul Awwal tahun 241, beliau menghadap kepada rabbnya menjemput ajal yang telah dientukan kepadanya. Kaum muslimin bersedih dengan kepergian beliau. Tak sedikit mereka yang turut mengantar jenazah beliau sampai beratusan ribu orang. Ada yang mengatakan 700 ribu orang, ada pula yang mengatakan 800 ribu orang, bahkan ada yang mengatakan sampai satu juta lebih orang yang menghadirinya. Semuanya menunjukkan bahwa sangat banyaknya mereka yang hadir pada saat itu demi menunjukkan penghormatan dan kecintaan mereka kepada beliau. Beliau pernah berkata ketika masih sehat, “Katakan kepada ahlu bid‘ah bahwa perbedaan antara kami dan kalian adalah (tampak pada) hari kematian kami”.
Demikianlah gambaran ringkas ujian yang dilalui oleh Imam Ahmad. Terlihat bagaimana sikap agung beliau yang tidak akan diambil kecuali oleh orang-orang yang penuh keteguhan lagi ikhlas. Beliau bersikap seperti itu justru ketika sebagian ulama lain berpaling dari kebenaran. Dan dengan keteguhan di atas kebenaran yang Allah berikan kepadanya itu, maka madzhab Ahlussunnah pun dinisbatkan kepada dirinya karena beliau sabar dan teguh dalam membelanya. Ali bin al-Madiniy berkata menggambarkan keteguhan Imam Ahmad, “Allah telah mengokohkan agama ini lewat dua orang laki-laki, tidak ada yang ketiganya. Yaitu, Abu Bakar as-Shiddiq pada Yaumur Riddah (saat orang-orang banyak yang murtad pada awal-awal pemerintahannya), dan Ahmad bin Hanbal pada Yaumul Mihnah”.