Welcome To Rame-rame♪

Sabtu, 05 Januari 2013

Remaja Bisnis Yuk ! Ala Rame-Rame ♪ PART 1

Ya pada kali ini gue akan memberikan tips berbisnis untuk para remaja remaja yang ekonominya standar mau dapet uang jajan lebih, atau mau coba berbisnis aja sebagai pengalaman, atau yang emang sengaja aja ngga ada kerjaan, wah itu semua bagus dan insyaallah bermanfaat...!! Hari gini jaman bertahan uang jajan dari ORTU, mana cukup.....!!! dari pada lo semua gigit jari mending baca yang satu ini.
Mari kita mulai Brother!!..... :3




Kita mulai dulu, apasih itu "BISNIS" ?, pasti yang terlintas di pikiran lo semua adalah dagang.
woy 2013 ni dagang mulu.hahaha :D
menurut gue nih 2013, definisi "BISNIS" adalah segala hal yang lo semua sukain tapi ngehasilin buat kantong lu yang laper, Brother, Sadoy ngga ?
Tapi, bukan berarti hal yang lu sukain itu semau udel lu, maksudnya adalah "Hal kreatif yang lu senengin dimana lu bisa duitin", Ngartikan....., Jangan ragu Brohter dimana ada jalan di situ ada kemauan ada jalan pula.

Biar lu ga bingung, ni gue kasih bisnis "Ala Rame-rame", ga ada bedanya sih, ya tapi liat dah.

         A.DAGANG KREATIF

Nahloh, apa bedanya sih "DAGANG" sama "DAGANG KREATIF" ?, 
Kalo DAGANG lo cuma jual merek orang lain Brother, Lo jual baju lah, jajanan lah, sehabitatnyalah.
Apalagi yang makin ngejamur ngetrend JUAL PULSA BUAT REMAJA, temen gue tuh pada rame yang begituan, itu tuh yang ada lu bakal rugi , rugi kenapa ? Di utangin mulu lu yang ada. Untungnya juga cuma buat beli pulsa lagi, KAPAN KAYANYA ? hahaha
Kapan majunya lo, untung lu dikit kalo gue bilang. NI GUE KASIH TAU! BACA YANG KALEM DUDUK MELOTOT!
  • PRODUKSI LO SENDIRI !!
Lo semua pasti pada nyengirkan , serem liat judulnya lo bikin produksi sendiri. Pasti pada ngebayangin anak Remaja ngapain bikin PABRIK buat produksi. NGGA GITU Brother maksudnya adalah lo buat MERK lu sendiri, dengan begitu apa yang lu jual BERNILAI, KREATIF, MENARIK, jadi barang hasil produksi baik itu jajanan, barang, lu cari yang murah tapi lu rasa berkelas dan tentu saja ngga bermerk, trus lu kasih merk ciptaan lu , ni contoh stepnya:

Step 1, "PERKENALAN"
Nama gue Reza, gue anak SMA, Gue cuma punya modal 100-200 Ribu

Step 2, "NIAT"
Segala sesuatu kalo gaada niat gabakal jalan sob, baca doa ka Gusti Allah.
"Saya niat mau bisnis, untuk mencari rizki Gusti Allah Lillahitaala" aminnnn...

Step 3,"IDE"
Ini yang disebut tahap DAGANG KREATIF, yaitu IDE.
Gue Reza, Punya ide dengan modal gue yang segini mau dagang snack ringan berbagai macam jenis dengan MERK "Rame-Rame ♪ Snack", Keren ga tuh.....

Step 4, "PERHITUNGAN"
Lu musti punya prediksi men kalo mau buat something, biar IDE keren lu ga brantakan gara gara tuh duit modal sia sia buat jajan coki coki, tuh duit 100-200Ribu lu bikin jalannya mau kemana.
  • KLU PERTAMA SNACK,
Lu cari informasi snack enak murah berkualitas, lu siapin BADGET buat belanja sekitar 50% dari modalu,
nah lu blanjain dah.
  • KLU KEDUA MERK
Nah kemana yang 50%nya lagi ?, nah itu semua buat dasar pembuatan MERK lu, Lu beli pulsa Internet Paket Seminggu AXIS Gaul 10.000 buat internetan Seminggu Full buat nyari ide pembuatan LOGO MERK CIPTAAN LO.
Kalo udah 30.000nya lu pergi ke percetakan yang nyediain jasa cetak kemasan snack sendiri banyak ko.
10.000 Ribu nya buat BENSIN men, lo mau jalan kaki .hahaha

TIPS: Snack Kemasan lu JANGAN YANG GOPEAN, sekali lagi gue bilang KAPAN KAYANYA ?
lo bikin kemasan seukuran MAICHI jangan nanggung-nanggung coy.


Step 5,"PROSES"
Gue pergi ke sentral jajanan snack murah di Ibu Kota, Glodok, Mangga 2, Pasar Dll.
disitu snack dijual kiloan ga BERMERK, gue sedih kasian liatnya, mereka itu sbenarnya berkualitas tapi kurang diakui keberadaannya :( *nangis , maka dari itu niat gue baik melakukan bisnis ini.
TIPS : Cari Jajanan yang lagi NGETREND dan Populer dikalangan Remaja, macam pikdas, dll.

Setelah lo dapetin tuh jajanan, inget jangan pasrah, LO MUSTI  TAWAR MEN 3:D !! Belajar nawar dari nyokap lo. Itulah gunanya ikut mamah belanja kepasar, sebenernya tuh nyokap pengen ngajarin lo bagaimana bertawar menawar ria. TERIMAKASIH IBU.

Step 6,"PACKING"
Lo musti packin serapih mungkin pake alat coy jangan sembarangan, sory itu diluar modal lo minta bantuan keortu lu aja buat ngerapihin ujung plastik nya, jadi ga kaya barang murahan coy.
inget JANGAN BIKIN KEMASAN GOPEAN, saran gue lu bikin semua harga sama, dan ukuran bunkusnya sama jadi rapih. SIAP DAGANG!!

Step 7, "ISUE"
Jangan asal maen jualan aja, lo kira siapa lo ?
Lo isuein dulu ketemen-temen sebangku,sekelas,selingkuhan lo , kalo lo punya ide buat dagang MERK lo,
Gue pastiin seorang sahabat bakal suka segala hal kreatif lo.

Step 8, "STARTING"
Lo bawa beberapa MERK jajanan lo kesekolah Buat perkenalan, JANGAN PELIT, awalnya kudu gratis dulu 4 bungkus mah gapapa, trus lo bilang dah itu MERK gue, lu sebutin macemnya blabalabla..... macem sales ngiklan.

Step 9, "FINISHING"
Mulai sekarang lo bisa terus bawa jajanan MERK lo itu kesekolah tanpa ragu malu , dan lu bakal di hargain sebagai wirausaha muda. Lo bikin Twitter MERK lo, liat komentar mereka setelah cobain MERK lo.

SEMOGA BERMANFAAT. :)
 Untuk pekan depan saya punya TIPS USAHA ANAK KOSTSAN KULIAH, saya mau kuliah ni tapi saya  mau usaha, MAU TAU USAHANYA APA ? LIAT PEKAN DEPAN :))))

Reza Sayang Kalian Semua Yang Rame-Rame ♪



4 komentar:

  1. ribet bro...... knp ga jual pulsa aja. Dengan sikap pede tanpa batas. jualan di sekolah....... gue juga ngejalanin.... asal yang ditagih pada gak mau bayar.ya jangan dikasih dulu....kalo dia beli lagi.

    BalasHapus
  2. ribet bget, terlau byk embel embelnya di bandingkan dengan intinya

    BalasHapus
  3. keren. biar ribet tapi tetep keren idenya

    BalasHapus